Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga

Sambut Kontingen Usai POPDA V Nusa Tenggra Timur, Bupati Apresiasi Sumba Barat Raih Sembilan Medali

Waikabubak, Kamis , 29 Maret 2022. Sembilan medali untuk Sumba Barat disumbangkan oleh delapan atlit yakni, dari Cabang Tinju:  Yulius Goma, Bernard B. Putting, Susanty Roki Lala dan Ayu Safira Bora; dari Cabang Tae Kwondo: Grace Yustina Ratu, Febriana Sinta Nadia Malo; dan dari Cabang Kempo: Randi Soleman Langko, yang menyumbang dua medali dan Astin Handayani Duka.

 

NoNamaMedaliCabang Olah RagaAsal Sekolah

 

1Yulius GomaEmasTinju Pra Yunior Boys Kelas 42 Kg PutraSMPN 2 Waikabubak
2Benhard B. PuttingPerungguTinju Kelas 44 Kg Yunior Boys SMPN 2 Waikabubak
3 Susanty Roki LalaEmasTinju Kelas  54 Kg Youth Girls SMPN 1 Waikabubak
4 Ayu Safira BoraEmasTinju Kelas 48 Kg Youth GirlsSMAN 7 Kupang
5Grace Yustina Ratu PerungguTae Kwondo Kyrugi Yunior  Putri Under 52SMAN 1 Waikabubak
6Febriani Sintia Nadia MaloEmasTae Wondo Pumsai PutriSMP Kristen  Waikabubak
7Randi Soeleman LangkoPerakKempo 55 KgSMAN 1 Waikabubak
  EmasKempo Embu Pasangan 
8Astin Handayani DukaEmasKempo Embu PasanganSMAN 1 Waikabubak

Rombongan kontingen dengan 14 atlit bersama official dan pendamping dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, disambut langsung oleh Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH di Aula Pertemuan Kantor Bupati Sumba Barat Kemarin, Senin 28 Maret 2022. Bupati Sumba Barat sangat mengapresiasi prestasi yang dicapai para atlit Sumba Barat yang sudah mengharumkan nama daerah di tingkat propinsi dan karena itu secara resmi akan menganugerahkan penghargaan untuk para atlit secara resmi pada tanggal 2 Mei 2022 bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Beliau meminta maaf kepada para atlit dan official karena penyambuan yang tidak sesuai sesuai dengan yang diharapkan karena jadwal resminya tanggal 2 Mei mendatang. Hadir dalam acara ini juga Ketua Koni Sumba, Drs. Agustinus Niga Dapawole dan beberapa Pimpinan OPD.

Ditemui di Kantor Dinas Pendididkan, Pemuda dan Olah Raga, Kabid Pemudan dan Olah Raga, Silvia Esterlita Danguwali, mengatakan bahwa beberapa atlit yang berprestasi sedang dalam pembinaan di tingkat propinsi dan salah satunya adalah Susanti Roki Kala. Rendi Soleman Langko, yang meraih Medali Perak untuk Komite Perorangan Kempo dan Medali Emas pada Embu Pasangan, akan dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olah Raga Nasional. Beberapa altit Sumba Barat juga pernah meraih emas di PON dan ini merupakan prestasi yang membanggakan daerah.

Untuk diketahui tahun ini, POPDA V NTT atau Pekan Olah Raga Pelajar Nusa Tenggara Timur diikuti oleh 1.056 atlit  untuk merebut 706 Medali, yang terdiri dari 198 medali emas, 198 medali perak, dan 316 medali perunggu. Cabang olah raga yang dipertandingkan adalah Kempo, 333 atlit, Pencak  Silat 173 atlit, Tinju 116 atlit, Atletik 117, Wushu 13, Tai Kwondo 175 serta Karate 129.  Sumba Barat hanya mengirim atlit cabang Tinju 4 orang, Kembo 4 orang, Karate 3 orang serta Tae Kwondo 3 orang. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 23 – 27 Maret 2022 di GOR Flobamora, GOR Futsal, Gedung Serba Guna KONI, Aula Komodo dn Stadion Oepoi Kupang. OK_DKIPS

Leave a Reply

Your email address will not be published.